Pages

Resep & Cara Membuat Takoyaki Sederhana Ala Jepang

Ada yang tahu takoyaki? Kalau untuk penggemar makanan Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Takoyaki diambil dari dua suku kata, yakniたこ(tako: gurita)  dan  焼き (yaki: goreng/panggang). Cara membuat takoyaki sederhana juga sangat mudah untuk kita coba.


Takoyaki merupakan jajanan yang biasanya dijual di pinggir jalan. Nah kali ini bacaterus.com akan membahas tentang cara membuat takoyaki yang akhir-akhir ini mudah dijumpai di Indonesia. Apalagi disaat ada event Jepangan, pasti mudah untuk menemukannya.

Namun sebelum membahas cara membuatnya, mari kita cari tahu dulu informasi dasar mengenai jajanan yang satu ini. Takoyaki merupakan makanan yang berasal dari daerah Kansai, Jepang. Bentuknya bulat kurang lebih sebesar bola pinpong, terbuat dari tepung tako/tepung terigu dan di dalamnya terdapat gurita.

Biasanya takoyaki ini dijual dalam bentuk set. Satu setnya bisa berisi 5, 6, 8 sampai dengan 10 buah. Biasanya dibungkus dengan plastik berbentuk perahu atau dengan plastik transparan. Biasanya di Jepang sendiri sering dijumpai saat ada matsuri (perayaan), atau di pinggir-pinggir jalan.
Cara Membuat Takoyaki Jepang

cara membuat takoyaki sederhana

Sekarang mari beralih pada cara pembuatannya. Resep pertama yang akan diulas adalah resep takoyaki asli Jepang. Untuk yang penasaran, silahkan simak cara pembuatannya berikut ini:

Bahan:

    300 gr tepung tako ditambah baking powder
    2 butir telur
    700 ml air
    100 gr kol, wortel
    150 gr tako, di potong-potong
    Tenkatsu

Bumbu Taburan:

    Nori birukatsuboshi (toping berbentuk parutan dari ikan tuna)
    Daun bawang, diiris tipis
    Saus Takomayonaise

Cara Membuat:

    Campurkan tepung tako, telur, air, dan sayuran kol dan wortel.
    Panaskan cetakan khusus takoyaki.
    Olesi dengan minyak, kemudian tuangkan adonan tadi.
    Masukan tako.
    Sesudah setengah matang, taburi dengan tenkatsu. Kemudian balikkan sampai berbentuk bundar dan matang.
    Setelah semua matang, susun takoyaki, berikan olesan saus, taburi dengan nori.
    Kemudian beri olesan mayonnaise dan taburi dengan katsuboshi dan juga daun bawang.
    Takoyaki siap dinikmati.

Biasanya takoyaki ini dimakan dengan menggunakan tusuk gigi. Pedagang biasanya akan memberikan 2 tusuk gigi. Namun di Tokyo biasanya menggunakan sumpit sekali pakai.  Dahulu takoyaki ini dijual dengan cara ditusuk dengan tusukan bambu sebanyak 3 buah per tusuknya.
Cara Membuat Takoyaki Sederhana Ala Indonesia

cara membuat takoyaki jepang

Setelah tadi membahas cara membuat takoyaki asli Jepang, sekarang mari kita bahas cara membuat takoyaki sederhana ala Indonesia. Silahkan simak cara pembuatannya.
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.