Pages

Surat Ar-Rahman

Satu hal yang istimewa dalam surat ini adalah adanya pengulangan ayat yang artinya "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Ar-Rahman merupakan surat ke-57 dalam kitab suci Alquran. Surat yang turun di Kota Mekah ini terdiri dari 78 ayat dan berisi kemurahan Allah SWT serta nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada jin dan manusia.

Satu hal yang istimewa dalam surat ini adalah adanya pengulangan ayat yang artinya " Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" . Setiap kali Allah memaparkan kenikmatan yang diberikan kepada hamba-hamban-Nya, Allah selalu bertanya dengan kalimat tersebut.

Jumlahnya pun cukup banyak yakni mencapai 31 kali pengulangan. Ada apa gerangan dengan makna kalimat ini? Adakah rahasia besar pada kalimat tersebut sehingga Allah SWT mengulanginya hingga 31 kali?

 Teks Bacaan Surat Ar-Rahman Arab Latin Indonesia danTerjemahannya - Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam al-Qur'an yang terdiri atas 78 ayat. Dinamakan Ar-Rahmaan diambil dari kata Ar-Rahman yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Ar-Rahman adalah salah satu dari nama-nama Allah. Sebagian besar dari surah ini menerangkan kepemurahan Allah swt. kepada hamba-hamba-Nya, yaitu dengan memberikan nikmat-nikmat yang tidak terhingga baik di dunia maupun di akhirat nanti.   Masihkah kita merasa hidup susah? atau merasa kurang beruntung dalam segala hal? berarti kita termasuk orang-orang yang kurang bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita, dengan masih bisa bernapas saja sudah nikmat luar biasa, bayangkan dengan orang-orang yang sakit mereka harus bayar sekian ratus ribu hanya untuk membeli oksigen. Kita di beri keluasan dan hamparan rejeki oleh Allah SWT seharusnya malu dengan sikap kurang bersyukur itu.
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.