Pages

Pengertian Hidroponik dan Manfaatnya

 Pengertian Hidroponik dan Cara Menanamnya Mudah!
berberita Jumat, 02 Oktober 2015 Flora Fauna, Tanaman
Pengertian Hidroponik dan Cara Menanamnya Mudah
Hidroponik adalah cara penanaman penghijauan di dalam media air. Pengertian ini merujuk pada media tanam tanpa melibatkan tanah, tetapi hanya memanfaatkan air. Sistemnya sederhana dan mudah.

Pengertian Hidroponik dan Manfaatnya – Hidroponik merupakan salah satu media tanam tanpa menggunakan tanah sebagai pertumbuhan tanaman. Penanaman ini merupakan hal baru dalam dunia pertanian, namun banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui cara melakukannya dan apa keuntungannya.

Pengertian Tanaman Hidroponik – belajarberkebun.com,3.76 / 5 ( 49votes )
You need to enable JavaScript to vote   

Hydro itu sendiri memiliki arti air. Hidroponik merupakan metode penanaman tumbuhan yang menggunakan media air. Pengertian tanaman hidroponik yang lain yaitu menanam tumbuhan tanpa menggunakan tanah. Dan secara sederhananya, hidroponik merupakan cara budidaya tanaman menggunakan air yang diperkaya oleh berbagai nutrisi. Dengan begitu, metode ini dapat mempermudah dalam mengendalikan hama, dan pencahayaan.

Hidroponik merupakan metode penanaman yang ramah lingkungan, karena tidak memerlukan pestisida atau herbisida yang beracun. Selain tidak memerlukan banyak air seperti bercocok tanam dengan cara konvensial. Metode ini juga sama sekali tidak perlu melakukan penyiraman pada tanaman. Hal tersebut juga membuat sayuran yang dihasilkan lebih aman serta sehat. Meski tidak menggunakan tanah sebagai media, tentu metode ini tidak hanya memerlukan air, namun perlu adanya unsur lain untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Biasanya menggunakan pasir, sabut kelapa, pecahan batu bata dan batu karang, busa, kerikil, batu apung, potongan kayu, bahkan bisa juga menggunakan kawat kasa nilon.

Sekarang ini, banyak sekali warga yang tinggal di perkotaan dan perumahan dengan rumah yang sempit dan tidak punya lahan menanam tanaman dengan sistem hidroponik. Biasanya menggunakan pipa yang dialiri air mengalir ditempel di dinding-dinding rumah.

 Bagi anda yang hobi bercocok tanam tapi memiliki lahan sempit, itu bukan masalah. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, maka ada jawaban untuk memecahkan masalah lahan sempit untuk bercocok tanam yaitu dengan cara hidroponik. Hidoponik adalah teknik bercocok tanam yang menggunakan air tanpa media tanah. Dari pengertian hidroponik tersebut, Anda pasti masih mempertanyakan  bagaimana konsep hidroponik. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari cara tanam hidroponik antara lain tanaman bebas dari hama, perawatan lebih mudah, tanaman cepat berkembang dan hemat lahan tanam.

 Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah, dan pertumbuhan tanaman pun lebih cepat 50% dari pada media tanah biasa.
Hidroponik juga menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Utamanya hidroponik memiliki pengertian secara bebas
yaitu teknik bercocok tanam, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, jadi tanaman bisa tumbuh dengan subur dan berbuah lebih cepat, walaupun tidak menggunakan tanah.
Yang jelas kita Lebih Hemat waktu, lebih hemat tempat dan lebih hemat tenaga.

Hidroponik sangat populer di Negara Jepang dan di Indonesia mulai populer sejak 2013 lalu. Dalam perkembangannya, berbagai komunitas hidroponik bermunculan di berbagai daerah, mulai Jakarta, Jogja (Yogyakarta), Surabaya, Semarang, Pati, Kudus Jawa Tengah, Kediri, Balikpapan, Lampung, Jember, Lumajang, Magelang, Wonogiri, Bandung, Banjarmasin dan lain sebagainya.

Tumbuhan yang ditanam pun banyak baik sayuran maupun buah-buahan, mulai dari hidroponik jahe merah, jagung, kaktus, kentang, kapas, ketapang, kacang hijau, lombok, cabe, lidah buaya, lada, melon, mentimun, slada, mentimun, bunga mawar, tomat, sawi, strawberry, ubi jalar, tanaman hias, kangkung, wortel, dan lainnya.
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.