Pages

keistimewaan surat waqiah

Segala puji bagi Allah yang telah masih memberi kesempatan kepada kita semua untuk saling belajar dan berbagi ilmu. Shalawat serta salam mari kita sampaikan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW beserta istri-istri, keluarga, sahabat serta pengikut beliau yang setia hingga hari kiamat.

Keutamaan Membaca Al-Quran

Al-Qur’an, sebagai kitab yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepada Nabi Muhammad SAW banyak mengandung keutamaan serta khasiat bagi kita sebagai manusia sebagaimana yang telah disebutkan di banyak ayat di Quran. Berikut ini salah satunya,
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاء وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ وَلاَ يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إَلاَّ خَسَار

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang zalim selain kerugian.” (QS Al-Isrâ’ [17]:82)
Teks Bacaan Surat Al Waqi'ah Arab Latin dan Terjemahannya - Surat Al Waqiah merupakan surat ke 56 pada juz ke 27 terdiri atas 96 ayat. Surat Al-Waqi’ah adalah salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah dan memiliki keutamaan yang besar. Oleh karenanya, sebagian kaum muslimin bersemangat menjadikan surat Al-Waqi’ah sebagai surat primadona dan favorit yang dibaca secara rutin pada setiap hari dan malam.
Di dalam Surat Al Waqiah ini menerangkan tentang hari kiamat, balasan yang diterima oleh orang-orang mukmin dan orang-orang kafir. Diterangkan juga penciptaan manusia, tumbuh-tumbuhan dan api, sebagai bukti kekuasaan Allah SWT dan adanya hari berbangkit.
    Artikel Terkait: Keutamaan Membaca Al-Quran

Di dalam Al-Quran sendiri, hampir setiap surat secara khusus mempunyai keutamaan serta manfaat masing-masing. Sebagaimana judul yang tertera, kali ini kami akan menuliskan keutamaan serta khasiat surat Al-Waqi’ah.

Khasiat Surat Al Waqiah dan Berbagai Keistimewaannya – Dalam Al Quran ada salah satu surat yang bernama Al Waqiah. Surat tersebut merupakan surat yang ke 56 dan terletak di juz ke-27. Di dalamnya terkumpul 96 ayat-ayat yang banyak mengandung hikmah.

keistimewaan surat waqiah


Kenapa surat ini dinamakan Al Waqiah? Ini tak lain karena diambil dari kata yang ada di ayat pertama, Idzaa Waqa'atil Waaqi'ah. Arti dari Al Waqiah sendiri dalam bahasa arab adalah "kiamat" karena memang di dalam surat tersebut banyak menceritakan tentang kejadian kiamat. Selain itu dijelaskan pula tentang penciptaan manusia dan tumbuhan serta kebangkitan manusia di akhirat.
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.